The 2nd ANCA 2018

CALL FOR PAPER

The 2nd Airlangga National Conference of Accounting

"PELUANG DAN TANTANGAN AKUNTANSI & PERPAJAKAN UNTUK USAHA KECIL, MIKRO, DAN MENENGAH (UMKM)"


Gedung Minak Jinggo Pemerintah Kabupaten Banyuwangi
17 November 2018 - 18 November 2018

  Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memainkan peranan signifikan bagi perekonomian nasional di Indonesia. UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Sekitar 88,8-99,9% bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 51,7-97,2%. Oleh karena itu, kerjasama untuk pengembangan dan ketahanan UMKM perlu diutamakan. Menurut data Bank Indonesia, pada tahun 2017 sekitar 60%-70% dari seluruh sektor UMKM belum mempunyai akses pembiayaan melalui perbankan. Lemahnya manajerial bisnis seperti penyusunan laporan keuangan membuat UMKM tidak bankable atau layak mendapat pembiayaan.Tingkat kesadaran dalam pencatatan dan peringkasan dari aktivitas ekonomi dan menyajikan laporan keuangan oleh UMKM masih sangat rendah. Alasan yang mendasari adalah kerumitan dan kesulitan dalam mencatat dan melaporkan keuangan berdasarkan standar.

   Problem selain pencatatan dan pelaporan keuangan, para pelaku usaha UMKM juga terbebani dengan masalah tingginya tarif pajak yang dikenakan atas hasil usaha mereka. Mereka beranggapan bahwa tingginya tarif pajak yang berlaku untuk usaha UMKM belum sepenuhnya mencerminkan rasa keadilan bagi UMKM di Tanah Air. Pemerintah berupaya membuat peraturan perpajakan yang lebih ramah dan nyaman, sehingga UMKM dapat ikut berperan besar dalam sektor perpajakan.

   Menanggapi isu tersebut, mendorong Program Studi S1 Akuntansi, PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi untuk lebih menggali dan menanggapi dengan menyelanggarakan The 2nd Airlangga National Conference of Accounting (The 2nd ANCA) dengan tema “Peluang dan Tantangan Akuntansi dan Perpajakan untuk UMKM”. Subtema dari konferensi ini yaitu :

  1. Kebijakan Pemerintah dalam Mereformasi Regulasi Pembiayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Kementrian Perkoperasian)
  2. Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Melalui Peraturan Presiden PP No. 23 Tahun 2018 Tentang PPh Final (Direktorat Jenderal Pajak)
  3. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM)
  4. Maksimalisasi Kekuatan Akses Keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Komisaris Bank Jatim)

 


INFORMASI KONFERENSI